Tuesday, April 24, 2012

Apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan anak kucing ?



Perlu diketahui tumbuh kembang anak kucing sangat dipengaruhioleh  kualitas tidur anak kucing. Jangan ganggu anak kucing ketika sedang tidur, karena akan mengganggu laju pertumbuhannya. Selain itu hal-hal lain yang mempengaruhi pertumbuhannya berasal dari:






FAKTOR KARAKTERISTIK KUCING:
  1. Ras. Semakin makin besar ukuran spesies tersebut, makin lama waktu yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang.
  2. Jenis Kelamin. Kucing berjenis kelamin jantan mempunyai laju pertumbuhan lebih cepat dari betina dan biasanya periode pertumbuhan kucing jantan lebih lama beberapa minggu dari kucing betina. Oleh karena itu kucing jantan biasanya lebih besar dan lebih berat dibandingkan betina.
  3. Gen. Orang tua kucing masing-masing menurunkan setengah sifat genetik mereka pada anaknya. Sifat-sifat ini bisa berupa bentuk tubuh dan pertumbuhan.
  4. Hormon. Beberapa hormon pertumbuhan diproduksi oleh anak kucing. Kebiri/steril kucing pada umur muda tidak mempengaruhi laju pertumbuhannya.
FAKTOR LINGKUNGAN:
Faktor lingkungan tentunya sangat mempengaruhi pertumbuhan anak kucing. Salah satunya adalah kebersihan. Kebersihan lingkungan yang kurang akan mempengaruhi kesehatan induk dan anak-anak kucing, terutama yang baru lahir. Faktor lainnya adalah stress. Pertumbuhan anak kucing diperlukan tempat yang tenang dan waktu yang cukup. Meskipun setelah berumur dua bulan waktu tidur anak kucing mulai berkurang, kualitas tidur harus tetap terjaga.
KUALITAS MAKANAN:
Pada saat lahir, saluran pencernaan kucing sangat sesuai untik mencerna susu dari induknya. Seiring pertumbuhan, saluran pencernaanyapun berkembang sedikit demi sedikit hingga kurang/tidak dapat mencerna laktosa (gula susu) lagi. Agar pertumbuhan dapat berlangsung sempurna, kucing harus mendapatkan makanan dengan kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang cukup dan seimbang. Selain itu makanan juga harus sesuai dengan perkembangan dan karakteristik pencernaan kucing. Apapun jenis makanan yang diberikan pada kucing, pastikan air minum (jangan air mentah) yang bersih  selalu tersedia setiap saat. Jenis makanan yang dapat diberikan pada kucing ada yang berjenis basah dan kering. Perlu diperhatikan setiap makanan mempunyai kandungan nutrisi dan karakteristik tersendiri, perhatikan rekomendasi pemberian makanan yang terdapat pada kemasan setiap produk makanan kucing…. Sumber: drh. Neno Waluyo S, 2007…..

No comments:

Post a Comment

Post a Comment